Tuesday, September 11, 2012 - 0 comments

what a mess


I dont like something is messing. Meskipun sekarang udah agak mendingan sih, lebih bisa tolerir ke diri sendiri kalau wajar rumah berantakan. Namanya juga ada balita, they are little monsters indeed. Rumah baru bisa bersih kalau anak tidur. Nanti kalau udah bangun ya berantakan lagi.
Selain ga suka yang berantakan, saya juga ga sabaran. Paling ga bisa nyuruh anak makan sendiri. Kelamaan dan berantakan. Kalau pun sedang waras terus anak boleh makan sendiri, itu pun tiap nasi berjatuhan pasti udah saya ambilin sebelum jatuh nasi yang kedua. Semakin menjadi-jadi kalau makan di luar rumah. Rempong deh cyun. Kalau suami paling ga bisa lihat orang ga pakai sandal. Cuma ke depan buat nutup pagar tapi ga pakai sandal pasti udah kena omelan. Well, you can imagine what kind of parents Ara has.
Memang benar kalau nggak kotor nggak belajar. Tapi susah ya kalau ngebiarin baju anak kotor kalau dijadiin alat buat minterin dia. Kalau bisa pinter dengan jalan bersih, kenapa enggak. Apalagi kalau pas lagi ada acara keluar terus dia kotor-kotoran. Ga rela rasanya. Kalau keluar kan berarti kita pakai baju bagus dong, ya paling enggak bukan piyama lah. Kalau sekali kotor bisa ilang kotorannya ya gapapa, kalau kedua ketiga, seberapa ampuh sih detergen bisa ngilangin noda yang udah bertumpuk? Ga sedap dipandang, baju nya ga bisa di pakai keluar lagi karena penampilan anak jadi kucel. Ya kan ya kan?
Beda sama kakak ipar saya. Dengan dalih semboyan ‘kalau ga kotor ga belajar/ga pintar’ dia membiarkan anak nya ngapain aja. Main lumpur, ga pake sendal, habis main di luar ga pake sendal terus naik ke kasur. Adoh, kalau itu namanya sih udah ga peduli kebersihan ya. Waktu keponakan masih kecil pernah saya singgung, dia Cuma jawab “ah dia mah tiap hari udah begitu”.  Dimana peran orangtua?
Baju kucel itu menunjukkan bagaimana kita mendidik anak lho. Apalagi kalau baju dipakai keluar rumah. Selain ga sedap dipandang, kebersihan dan ketegasan kita kepada anak bisa dilihat orang. Baju kucel karena main tanah, sampai yang warna aslinya putih menjadi coklat? Tandanya ada dua sebab : baju nya buat main tanah Cuma itu (sampai noda nya numpuk), atau detergen nya ga ampuh? :D ga ding becanda. It’s oke kalau sekali-sekali membiarkan anak main tanah, tapi sampai bajunya udah ga layak pakai, mending mulai membatasi anak dalam bermain. Ga setiap ada lumpur dia boleh nyemplung dong yes? Mungkin boleh aja saat main bola terus tiba-tiba hujan, jadinya mainan sambil kena lumpur. Atau kayak iklan salah satu sabun cuci baju, membantu nenek mencari kunci yang jatuh di kubangan lumpur. Itu dimaklumi, asal ga setiap hari. Bukan nya pinter, malah kena cacingan.
‘kalau ga kotor ga belajar’ itu justru filosofinya adalah mendidik anak hidup bersih. Kalau hari ini ga sengaja kena kotoran lumpur, besok jangan lewat jalan yang itu lagi. Kalau kena tumpahan saos saat mau ambil dari botolnya sendiri, besok lagi lebih hati-hati bawa botolnya. Dulu waktu di sekolah lama, tiap kali mau main cat/kotor orang tua selalu diberi catatan untuk memawa extra clothes yang bisa dipakai kotor-kotoran, jadi seragamnya tetap aman. Terus lagi, Kalau hari ini baju kotor kena tumpahan es krim, berarti ngajarin kalau besok lebih hati-hati makan es krim nya. Minimal tiap hari semakin sedikit tumpahan es krim yang jatuh. Atau maksimal nya jangan pakai cone, tapi pakai cup + sendok aja. Ya nggak sih? (pembaca menjawab : enggaaakk!)
Saya memang bukan tipe mencuci sampai kinclong, baju anak juga ga putih-putih amat. Tapi kalau bisa kucel nya masih sedap dipandang karena kena keringet, bukan karena membiarkan anak bermain sesuka mereka. Keterlaluan? Nggak juga. Waktu anak saya baru satu tahun dia tau kalau habis makan susu terus kemasan kosongnya di buang di tempat sampah. Sekarang pun kalau ada kotoran yang jatuh di lantai dia pungut. Kalau makan ada nasi jatuh dia bilang ‘mah, ada nasi’ minta untuk dibersihkan dari mulut/baju/lantai tepat ia makan. Nggak jelek-jelek amat  kan kalau belajar bersih sejak dini?
Kalau boleh kotor-kotoran, boleh juga dong bersih-bersihan. You know, balance.





0 comments:

Post a Comment