Sunday, September 18, 2011 - 1 comments

tangan kanan-kiri sama baiknya

Merawat anak di antara lingkungan yang beragam adalah sebuah tantangan. Bagaimana tidak, anda harus mempertahankan prinsip yang anda pegang dan tidak akan goyah walaupun badai menghadang. Prinsip yang saya maksud adalah prinsip yang baik tentunya. Baik menurut logika, kemudian menurut aturan yang ada.
Entah anda, bagi saya yang mempunyai ego tinggi ini menjadikan banyak situasi dalam mendidik anak menjadi sangat sulit. Salah satu contoh adalah : penggunaan tangan kanan sebagai tangan baik. Saya dan suami sangat tidak setuju  dengan hal itu. Kami memang tinggal di jawa yang menganut bahwa tangan yang baik adalah tangan kanan. Padahal menurut logika kami tangan kanan dan kiri itu sama saja. Sama baik nya. Sama suci nya. Mengapa harus memaksa anak menggunakan tangan kanan. Bahkan kalau ia memakai tangan kiri harus mendapat bentakan seolah ia melakukan sebuah dosa. Pernah suatu ketika di supermarket tempat kami berbelanja ada seorang SPG yang ‘memperingatkan’ Ara untuk tidak menggunakan tangan kiri saat ia mengambil makanan. Dia bilang ‘ hayo, pakai tangan kanan dong’. Reflek dengan muka masam saya bela anak saya “ tangan kanan dan kiri itu sama baik nya mbak!”. Mengapa orang bepikir bahwa apa yang ia pikir baik itu bisa di terapkan pada anak orang lain?? Kalau kamu pikir tangan kanan itu paling baik sehingga mengharamkan tangan kiri seharusnya kamu berpikir mengapa Tuhan menciptakan dua tangan  yang sama kalau yang satu lebih tinggi derajatnya di banding yang lain? Tuh kan saya malah uring-uringan.
Itu baru satu contoh. Akan banyak yang anda alami seperti yang saya alami. Tapi itu kalau anda punya prinsip, visi dan misi lho.  Yang saya pelajari kemudian adalah bahwa kami harus siap untuk di pandang aneh. Harus siap berkata “tidak”. Harus siap berkata “ jangan”. Bukan pada anak anda, itu sih gampang. Tapi kepada lingkungan sekitar yang tidak bisa men-tolerir ketegasan anda dalam mendidik si buah hati.
Itu pengalaman ku. Mana pengalaman mu :D

1 comments:

Anonymous September 25, 2011 at 2:28 AM

saya setuju. kiri atau kanan sama baiknya! :)

Post a Comment